Monday, October 26, 2009

K-Touch A691, Bisa Baca Menu dan SMS

Monday, October 26, 2009

Hal baru dari ponsel ini adalah bisa membacakan menu yang sedang dipilih, atau isi SMS. Bahkan kenyaringan suaranya (Voice Level) bisa menyetel, juga kecepatan pengucapan (Voice Speed), efek suara (Voice Effect), gaya bicara (Style) dan nada suara (Tone). Cuma, karena suaranya berdialek Cina, pengucapan kalimat berbahasa Indonesia (maupun Inggris) terdengar aneh.

Ngomong-ngomong, A691 punya 4 speaker yang tersebar di belakang bodi; yang dua mengapit kamera, yang dua lagi ada di sisi bawah. Speaker ini bisa digeber dengan Speaker Setting di Phone Setup. Tinggal pilih Two Speaker bila hanya ingin dua speaker aktif, atau Four Speaker bila berniat menggeber suaranya habis-habisan.

Meskipun dobel GSM, hanya satu yang aktif; jadi harus dipakai bergantian. Karena dobel GSM, tentu saja ada 2 slot kartu SIM. Bila batere disingkirkan, akan didapati slot kartu di sisi kanan, atas dan bawah. Di unit demo yang Sinyal terima, sayangnya, tidak ada penanda slot. Namun agaknya slot atas dibaca sebagai SIM card kedua, dan slot bawah dibaca sebagai SIM card pertama. Sejumlah aplikasi masih bisa dipakai meskipun di ponsel tidak terpasang kartu SIM.

Dengan ponsel ini, panggilan maupun SMS yang tak diinginkan bisa diblokir lewat Black List dan SMS Black List. Pemblokiran telepon bisa dipilah lagi menjadi daftar hitam yang sama sekali ditolak, dan daftar merah yang masih ditolerir. Durasi waktu di mana kita tidak ingin terganggu juga bisa ditentukan.

Ada juga Private Protect untuk menyembunyikan Call Log, Phone Book atau Message tertentu. Di sini masih ada Caller Picture, Caller Ring Tone, dan Caller Video. Namun yang lebih menarik adalah adanya In Call Background Sound, yang memberi suara latar saat kita sedang bertelepon. K-Touch kembali menawarkan beberapa aplikasi khasnya, seperti AntiSteal dan Remote Control.

Yang hobi mengocok-ngocok ponsel, boleh merasa senang karena fasilitas ganti wallpaper atau musik lewat goyangan ponsel masih ada. Tinggal atur saja di Switch Pic (Active Switch Wallpaper By Shaking, Play Audio When Switch Wallpaper By Shaking) di Display Characteristic dan Switch Music By Shaking di Audio Player.

Di dekat kamera ada lampu. Namun agaknya lampu ini lebih condong dipakai sebagai senter; bukan sebagai lampu tambahan kamera. Tombol kameranya sendiri ada di kanan bodi. Setting untuk foto (Camera) dan video (Video Recorder) lumayan lengkap. Foto bisa diambil sampai resolusi 2048x1536, sedangkan video bisa dibuat sampai resolusi CIF (352x288).

Bertetangga dengan slot kartu SIM bawah, ada slot MicroSD, yang dikatakan mendukung MicroSD sampai 2GB. Yang masih membingungkan adalah adanya menu TV Out. Sebab Sinyal hanya menemukan port charger/kabel data pada bodi ponsel sebelah kiri. Sinyal pun tak menemukan converter untuk TV out. Intinya, menu TV Out di ponsel ini tidak bisa digunakan.

Di sisi bawah layar sentuh, seperti biasa, dihuni icon permanen bergambar rumah (menu utama), buku terbuka (Phone Book List), amplop (Messages), kamera (Camera), dan layar (Video Player). Antara teks menu kiri (Menu) dan kanan (Nama/PHB) bisa kita temukan icon telepon untuk keypad virtual. Stylus tersimpan di ujung atas, agak di belakang.

Navigasi 4-arah plus tombol tengah pun berfungsi sebagai pintasan. Itu bisa diatur ulang dengan setting Dedicated key di Phone Setup. Keypad tersusun 1-2-3-*, 4-5-6-0, dan 7-8-9-#. Agak beda dengan K-Touch seri A lainnya, penguncian keypad secara manual adalah dengan memencet tombol End Call, lalu langsung pencet tombol Call. Untuk membukanya, pencet menu kanan (Locked), kemudian pencet tombol Send/Call. Memencet-tahan tombol # akan mengaktifkan Silent; lakukan sekali lagi, dan mode akan kembali ke semula.

DENGAN KATA LAIN...

Ponsel dobel GSM mungkin sudah biasa. Tapi yang bisa bicara? Baru ini yang bisa...

(sumber: Sinyal)

PLUS : Dobel GSM, bisa membacakan isi SMS.

MINUS : Hanya satu GSM yang aktif.

SPESIFIKASI K-Touch A691
Jaringan

: GSM 900/1800 MHz

Bentuk
Bar
Dimensi

113x51x14 mm

Bobot

98 gram

Batere

Li-Ion 3,7V 800mAh

Waktu siaga

sampai 120 jam

Waktu bicara

sampai 3 jam

Layar

Layar sentuh, 2,4”, TFT, 240x320 pixel, 262 ribu warna

Memori tambahan

MicroSD

Konektivitas antar peranti

kabel data, Bluetooth A2DP

Konektivitas internet

GPRS; WAP

Kamera
3MP
Ringtone
Polifonik
Phonebook

1000 entri

Messaging

SMS, MMS, Chat, Voice MMS, e-mail

Aplikasi

Calendar, Alarm, To Do List, Time speaker, Health (BMI, Menstrual), World clock, Black List, SMS Black List, Private Protect, AntiSteal, Remote Control, Motion Games (Dice), Java (4 game), E-Book Reader, Slide Show, Image Viewer, Video Player, Audio Player, Sound Recorder, Image Tile, Photo Artist, Melody DIY, Draw Picture, Calculator, Currency Converter, Unit Converter (Weight, Length), Stopwatch (Typical Stopwatch, nWay Stopwatch), FlashLight

Isi paket

Charger, kabel data, batere tambahan, headset, manual, kartu garansi




No comments:

Post a Comment