Monday, October 26, 2009

MyG 819, Manjakan Penyuka Musik

Monday, October 26, 2009

Sebagai ponsel dobel GSM, tentu saja ada 2 slot GSM pada MyG 819. Namun tidak ada penanda di slot. Tapi ketika Sinyal menyalakan ponsel, yang kiri dibaca sebagai sim a, yang kanan dibaca sebagai sim b.

Bertelepon terasa lebih gampang karena tombol Call ada 2 juga; Call 1 untuk sim a dan Call 2 untuk sim b. Begitu pula di keypad virtual; icon Call untuk sim a dan Call b untuk sim b.

Kedua SIMcard bisa sama-sama aktif. Pengaturannya bisa diutak-atik di Settings > Dual SIM Setting, lalu setel SIM B Auto dan Open/Close SIM B. Perhatikan, hanya SIM B yang masih bisa diutak-atik keaktifannya. Jadi, bila punya nomor yang begitu sering dipakai, taruh saja di slot sim b.

Ponsel ini agaknya akan memanjakan para pemakai yang menyukai musik, baik dari radio maupun player. Di deretan tombol depan bisa kita temukan tombol pintasan FM Radio (bertulisan FM) dan pintasan Audio Player (bergambar nada).

FM Radio, seperti biasa, baru bisa dipakai bila headset tercolok. Pangaturan bawaannya masih standar; hanya ada Channel List, Manual Input, Preset Auto Search, dan Settings (Background Play, Loud Speaker). Sementara Audio Player dilengkapi pengaturan Pre Play List, List Auto Gen, Repeat, Shuffle, Background Play, BT Stereo Output, BT Stereo Headset, Equalizer, Spectrum Display dan Lyrics Display.

Suara yang dihasilkan 3 lubang speaker di kanan kamera utama nyaring, cenderung cempreng. Satu-satunya andalan yang sedikit memoles kualitas suara adalah Equalizer.

Tidak ada tombol pintas kamera. Tidak ada pula cermin maupun lampu yang menyertai kamera utama. Tapi karena ada 2 kamera, kita bisa pakai kamera sekunder untuk bernarsis-ria. Lucunya, kamera utama ditaruh dalam gambar apel. Perpindahan antarkamera mudah dilakukan dari setting Dual sensor. Atau, pada moda foto, dengan mengetuk icon di pojok paling bawah.

Foto bisa dijepret dengan resolusi maksimal 640x480. Sedangkan video bisa direkam semaksimal storage tersedia; tak ada setting ukuran atau resolusi. Secara umum, setting untuk foto maupun video tergolong standar.

Penambahan storage dimungkinkan karena di ponsel ini ada slot T-Flash; letaknya di kanan bodi. Ada tutupnya sehingga kita tak perlu kuatir terpencet. Dalam paket juga disertakan MicroSD 256MB.

Ponsel ini sendiri bisa dipakai sebagai mass storage. Tinggal pilih opsinya saat ponsel dihubungkan ke PC via kabel data. Port kabel data yang sekaligus charger akan kita temukan di kiri bodi. O ya, selain sebagai Mass Storage, kita juga bisa pakai ponsel sebagai Webcam atau modem (COM Port). Hanya, setting operator masih harus kita setel sendiri.

Keypad tentu saja tersembunyi dalam belahan; baru terlihat kalau kita sudah menggeser bodi depan ke atas. Desain sliding bar relatif jarang dipakai untuk ponsel dobel GSM. Sebab biasanya membuat ponsel terlihat gendut. Itu pula yang terjadi dengan 819. Untungnya, ukuran tombol keypad lumayan besar sehingga gampang dipencet jemari besar seperti milik Sinyal.

Sisi bawah layar, seperti biasa, dipenuhi deretan icon permanen bergambar rumah, buku terbuka, amplop, kamera, dan monitor. Letak stylus di ujung bawah kiri bodi. Bagi sebagian orang akan terasa sedikit kurang nyaman.

DENGAN KATA LAIN...
Ponsel gempal, lumayan mantap digenggam oleh penyuka dobel GSM dan musik.


Sumber: Sinyal


PLUS : Dobel GSM, FM Radio, Audio Player.

MINUS : Dimensi terlalu tebal.


Spesifikasi: MyG 819
Harga : Rp.1.700.000
Jaringan : GSM
Bentuk : Sliding Bar
Dimensi : 101x50x23 mm
Bobot : 132 gram
Batere : Li-Ion 3,7V 1200mAh
Waktu siaga : rata-rata 72 jam
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 2,6”, TFT
Memori tambahan : MicroSD
Konektivitas antar peranti : kabel data, Bluetooth
Konektivitas internet : GPRS; WAP
Kamera : 1,3MP (utama), VGA (sekunder)
Ringtone : Polifonik
Phonebook : 500 entri
Messaging : SMS, MMS, Chat
Aplikasi : Camera, Image Viewer, Video Recorder, Video Player, Audio Player, Sound Recorder, FM Radio, E-Book Reader, Calendar, Memo, Alarm, World Clock, Stopwatch (Typical Stopwatch, nWay Stopwatch), Calculator, Unit Converter (Weight, Length), Currency Converter
Isi paket : Charger, headset, manual

sumber : kompas


No comments:

Post a Comment